cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. melawi,
Kalimantan barat
INDONESIA
Jurnal Pendidikan Dasar
Published by STKIP Melawi
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Education,
Arjuna Subject : -
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 8, No 2 (2020): Desember 2020" : 6 Documents clear
UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR PENJAS DENGAN MODEL CTL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) PADA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 02 BARRU Taufik Taufik
JURNAL PENDIDIKAN DASAR Vol 8, No 2 (2020): Desember 2020
Publisher : STKIP Melawi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46368/jpd.v8i2.294

Abstract

Abstrak: Permasalahan dalam penelitian ini adalah kualitas pembelajaran Penjas yang masih dalam kategori rendah. Sehingga  sangat berpengaruh pada  hasil  belajar  yang  kurang  maksimal. Dalam penelitian ini bertujuan mendeskripsikan pelaksanaan dan pencapaian hasil belajar Pendidikan Jasmani di setiap siklus tindakan dengan cara penerapan model  CTL. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 02 Barru Kabupaten Barru dengan subyek penelitian yaitu seluruh siswa kelas IV dengan jenis penelitian PTK (Penelitian tindakan kelas). Instrumen penelitian yang digunakan berupa observasi guru, observasi siswa, serta soal-soal tes hasil belajar.  Penelitian ini telah dilaksanakan sampai dengan 3 siklus tIndakan. Dalam siklus tindakan ini secara menyeluruh kegiatan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasy, dan reflekssi. Hasil penelitian ini menandai persentase keberhasilan suatu proses pengajaran guru penjas pada siklus I mencapai 69%, pada siklus yang ke  II mengalami kenaikan   sebesar 70%, dan di siklus III berhasil naik  mencapai 80%. Persentase suatu proses keberhasilan belajar siswa pada bagian siklus I mencapai 74%, di siklus ke II mengalami kenaikan sebesar 78%, dan di siklus III sudah berhasil naik sampai dengan 85%. Dari hasil belajar siswa di siklus I mencapai 67%, sedangkan di siklus II mengalami kenaikan sebesar 73%, dan di siklus  III  sudah berhasil naik  mencapai 87%.  Jadi dapat disimpulkan bahwa dengan hasil belajar Penjas siswa dapat meningkat pengetahuan dengan melalui model pembelajaran contextual teaching learning atau biasa disebut dengan CTL. Kata kunci: Hasil Belajar,  Penjas,  CTL. Abstract: The problem in this study is that the quality of Physical Education learning is still in the low category. So it is very influential on learning outcomes that are less than optimal. In this study, the objective of this research is to describe the implementation and achievement of learning outcomes of Physical Education in each action cycle by applying the CTL model. This research was conducted at SD Negeri 02 Barru, Barru district. The research subjects were all fourth grade students with the type of research PTK (classroom action research). The research instrument used was teacher observation, student observation, and learning outcome test questions. This research has been conducted up to 3 cycles of action. In this action cycle as a whole, activities are planning, implementing actions, observing, and reflecting. The results of this study indicate the percentage of success of a physical education teacher teaching process in the first cycle reached 69%, in the second cycle it increased by 70%, and in the third cycle managed to increase to 80%. The percentage of a process of student learning success in the first cycle reaches 74%, in the second cycle it has increased by 78%, and in the third cycle it has managed to increase up to 85%. From the results of student learning in cycle I reached 67%, while in cycle II it increased by 73%, and in cycle III has managed to increase to 87%. So it can be concluded that with Physical Education learning outcomes students can increase their knowledge through the Contextual Teaching Learning model or commonly known as CTL. Keywords: Learning Outcomes, Physical Education, CTL.
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL KELAS III MENGGUNAKANMETODE TANYA JAWAB SUKRISTIN SUKRISTIN
JURNAL PENDIDIKAN DASAR Vol 8, No 2 (2020): Desember 2020
Publisher : STKIP Melawi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46368/jpd.v8i2.270

Abstract

Hasil belajar IPS siswa kelas III Sekolah Dasar Negeri 21 Sei Ima Kecamatan Sekayam belum mencapai KKM yang  ditentukan.  disebabkan guru hanya menggunakan metode ceramah dan belum menggunakan media pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPS menggunakan metode tanya jawab pada siswa kelas III Sekolah Dasar Negeri 21. Penelitian ini berbentuk penelitian tindakan kelas terdiri dari empat langkah yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek dalam penelitian adalah guru dan siswa yang berjumlah 7 orang siswa. Hasil penelitian tindakan kelas menunjukkan adanya peningkatan kemampuan mengajar guru yaitu pada siklus I kemampuan mengajar guru tergolong dalam kategori baik. Kemudian hasil belajar siswa juga meningkat, pada siklus I siswa yang hasil belajarnya mencapai KKM berjumlah 5 orang dengan persentase 57,14 %. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pembelajaran dengan metode tanya jawab dapat meningkatkan hasil belajar pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) pada materi jenis-jenis pekerjaan. Kata Kunci: Hasil belajar, Metode Tanya Jawab, dan Mata Pelajaran IPS.
FONOLOGI BAHASA DAYAK RANDUK DAN IMPLEMENTASINYA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA DI SEKOLAH DASAR Aprima Tirsa; Mastiah Mastiah
JURNAL PENDIDIKAN DASAR Vol 8, No 2 (2020): Desember 2020
Publisher : STKIP Melawi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46368/jpd.v8i2.307

Abstract

Abstract: This study aims to describe the phonetic and phonemic aspects of the Dayak Randuk. The method used in this research is descriptive qualitative method. The research technique used was the technique of engaging listening, fishing technique and documentary study technique. The data source used in the study was the sounds of the Dayak Randuk. Based on the phonetic and phonemic analysis of sounds in the Dayak Randuk, it can be concluded as follows. The vowel sound consists of six vowels, namely /i/, /e/, /ᵊ/, /a/, /u/ and /o/. Eighteen consonants are: /p/, /b/, /t/, /d/, /c/, /j/, /k/, /g/, /m/, /n/, /ø/, /N/, /s/, /h/, Ä/, /l/, w/, /y/.Diphthong sounds consist of three phonemes, namely / aw /, / oy / and / ay /. Keywords: Phonology, phonemic, phonetics Abstrak: Tujuan penelitian ini  untuk menjelaskan aspek fonetik dan fonemik Bahasa Dayak Randuk. Metode yang dipakai adalah deskriptif kualitatif. Teknik penelitian yang digunakan adalah teknik simak libat cakap, teknik pemancingan dan teknik studi dokumenter. Sumber data penelitian adalah bunyi-bunyi bahasa Dayak Randuk. Berdasarkan analisis fonetik dan fonemik bunyi dalam bahasa Dayak Randuk dapat diartikan sebagai berikut. Bunyi vokal berjumlah enam vokal, yaitu /i/, /e/, /ᵊ/, /a/, /u/ dan /o/. Bunyi konsonan berjumlah delapan belas, yaitu: /p/, /b/, /t/, /d/, /c/, /j/, /k/, /g/, /m/, /n/, /ø/, /N/, /s/, /h/, Ä/, /l/, w/, /y/. Bunyi diftong berjumlah tiga  fonem, yaitu /aw/, /oy/ dan /ay/.                                                                                                                                            Kata Kunci: Fonologi, fonemik, fonetik
PENGEMBANGANPEMBELAJARANLARI CEPAT MELALUI PENDEKATAN PERMAINAN DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ATLETIK PADA ANAK SEKOLAH DASAR DI NANGA PINOH Khairil Akbar; Nur Sulistyo Mutaqin
JURNAL PENDIDIKAN DASAR Vol 8, No 2 (2020): Desember 2020
Publisher : STKIP Melawi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46368/jpd.v8i2.323

Abstract

Abstract: The perpouse of the research was to develop fast running learning approach in improving athletic learning outcome.This research is uses Research and Development (R D). From the resultoftheresearch is concluded that the fast running game approach can improve athletic learning outcome. Keywords: Development Fast Learning, Athletic Learning Outcome.   Abstrak: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan pembelajaran lari cepat melalui pendekatan permainan dalam meningkatkan hasil belajar Atletik. Penelitian ini menggunkan jenis penelitian model Penelitian dan Pengembangan (R D). Dari Hasil penelitian  ini disimpulkan bahwa dengan pendekatan permainan lari cepat dapat meningkatkan hasil belajar atletik.  Kata Kunci : Pengembangan Pembelajaran Lari Cepat, Hasil Belajar Atletik. 
KORELASI DISIPLIN BELAJAR TERHADAP HASILBELAJAR SISWA DI KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 23 SINTANG Dwi Cahyadi Wibowo; Agustina Mena; Yokie Prasetya Dharma
JURNAL PENDIDIKAN DASAR Vol 8, No 2 (2020): Desember 2020
Publisher : STKIP Melawi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46368/jpd.v8i2.325

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan  antara disiplin belajar siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 23 Sintang pada tema satu indahnya kebersamaan dengan hasil belajar siswa dikelas IV Sekolah Dasar Negeri 23 Sintang. Metode penelitian dalam penelitian ini adalah dengan pendekatan kuantitatif dengan bentuk desain penelitian korelasi. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IV Sekolah Dasar Negeri 23 Sintang dengan jumlah 34 siswa. Alat pengumpul data dengan teknik dokumentasi dan teknik angket. Data dianalisis dengan uji KPM menggunakan program SPSS, dan untuk uji koefesien korelasi dengan uji t. Hasil belajar siswa diperoleh data 25 siswa yang mencapai nilai KKM, dengan persentase 73,52%. Nilai tertinggi 100 dan nilai terendah 60 dengan rerata nilai 77,65.  Nilai koefisien korelasi antara disiplin belajar dengan hasil belajar pada tema satu mata pelajaran Bahasa Indonesia sebesar 0,537. Hasil uji hipotesis dengan t test diperoleh nilai t hitung 3,600  t tabel 2,037,  maka Ha diterima dan Ho ditolak, artinya bahwa Terdapat hubungan yang signifikan antara disiplin belajar siswa terhadap hasil belajar siswa pada tema satu indahnya kebersamaan di kelas IV Sekolah Dasar Negeri 23 Sintang. Hasil uji koefesien determinan dimaksudkan untuk mengetahui seberapa besar kontribusi variabel disiplin belajar (X) terhadap variabel hasil belajar (Y), hasil uji determinan diperoleh nilai sebesar 28,80,dapat disimpulkan bahwa kedisiplinan memiliki kontribusi 28,80% dalam menentukan hasil belajar siswa pada tema satu.
PENGARUH MEDIA PAPAN PUZZLE TERHADAP PEMAHAMAN KONSEPTUAL MATEMATIKA SISWA DI SEKOLAH DASAR Yulita Afra; Puji Rahmawati; Agustina Fini Widya
JURNAL PENDIDIKAN DASAR Vol 8, No 2 (2020): Desember 2020
Publisher : STKIP Melawi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46368/jpd.v8i2.205

Abstract

Masalah dalam penelitian ini “Bagaimana pengaruh media papan puzzle terhadap pemahaman konseptual materi pecahan sederhana matematika di Sekolah Dasar?”. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana pengaruh media papan puzzle terhadap pemahaman konseptual materi pecahan sederhana matematika di Sekolah Dasar Negeri 01 Semanget. Adapun variabel dalam penelitian ini terdiri dari variabel bebas (X), yaitu media papan puzzle, variabel terikat (Y) pemahaman konseptual siswa. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen bentuk one group design dalam bentuk tunggal dan penelitian ini menggunakan pretest  dan posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah SDN 01 Semanget dan sampel dari penelitian ini adalah siswa kelas III.A. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan tes. Instrumen penelitian ini adalah tes. Analisis data diperoleh rata-rata pretest sebesar 50 dengan standar deviasi 10 dan persentase ketuntasan 9,09%. Sedangkan hasil analisis data posttest diperoleh nilai rata-rata 72 dengan standar deviasi 14 dan persentase ketuntasan 77,27%. Hasil pengujian normalitas pretestdan posttest yaitu 51,779 9,448 dan 55,082 9,448. Sehingga data pretest dan posttest tidak berdistribusi normal, maka dilakukan uji wilcoxon dengan nilai Whitung= 2,5 dan Wtabel= 66.  Berdasarkan hasil analisis uji wilcoxon diperoleh kriteria pengujian hipotesis data yaitu Whitung Wtabel. Hal ini dapat disimpulkan bahwa  ditolak sehingga  diterima. Dengan demikian penggunaan media papan puzzle dalam pembelajaran berpengaruh terhadap pemahaman konseptual matematika siswa di SDN 01 Semanget.

Page 1 of 1 | Total Record : 6